WajoTerkini.Com Terdaftar Kepesertaan BPJS Ketenegakerjaan
Berita Terkini

Ceramah Subuh di Masjid Besar Darussalam Belawa

Idman Salewe: Mari meraih kebahagiaan dunia dan akhirat agar terhindar dari siksa api neraka

Wajoterkini.com — Selama pelaksanaan kegiatan Porseni HAB Kementerian Agama di Kecamatan Belawa, di Masjid Besar Darussalam Belawa. Setiap selesai shalat Subuh berjama’ah seluruh peserta Porseni dan jamaah diberikan siraman rohani oleh Drs. KH. M. Idman Salewe, M.Th.I dari kementerian Agama kabupaten Wajo.

Ahad, 23 Desember 2018 Drs. KH. M. Idman Salewe, M.Th.I mengatakan dalam ceramahnya bahwa setiap manusia yang hidup di dunia ini akan menggapai dua kebahagiaan yakni kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di akhirat.

Sebelum menyampaikan bagaimana cara mendapatkan kebahagiaan tersebut, beliau mengutip pendapat seorang ulama dari Mesir, abdul Basyit tentang apa arti kebahagiaan itu ?

Kasi Pendidikan madrasah Kementerian Agama kabupaten Wajo mengartikan kebahagiaan itu melalui sebuah contoh. Kebahagiaan itu bagaikan orang yng membangun sebuah Rumah Tangganya mulai dari nol.

Dalam rumah tersebut terdapat satu kamar dan yang boleh masuk dalam kamar tersebut hanyalah dia (sang suami). Dalam suatu kesempatan Dia panggil istri dan anak-anak untuk membuka sebuah kamar yang selama ini dia rahasiakan. Alangkah kagetnya, isi dari kamar tersebut hanyalah baju kotor yang lama tak pernah dicuci, lentera, selembar tikar, dan sajadah.

Kepada jama’ah pak Kiyahi bertanya, Apa makna dariĀ  semuanya ? Lalu mengatakan:

Yang pertama: Baju kotor yang tak pernah dicuci bermakna awal mula rumah tangga dibangun mulai dari nol.

Yang kedua: Lentera, maksudnya sebelumnya hanya memakai lentera dan sekarang telah ada penerangan berupa lampu.

Yang ketiga: Tikar, maksudnya adalah sebelumnya hanya memakai tikar sekarang telah memakai tegel.

Yang keempat: Sajadah, maksudnya adalah baik dalam keadaan kaya atau miskin, susah atau senang janganlah lupa sajadah (shalat untuk mengingat Allah).

Sehubungan dengan hal tersebut, ada doa yang selalu dibaca oleh Rasulullah setelah shalat Sunnat dan shalat wajib. Yaitu Robbana Atina Fiddun-ya Hasanah wa Fil akhiroti Hasanah Waqina adzaban-Nar.

Perlu untuk diketahui bahwa Rasulullah saja yang sudah dijamin masuk syurga, masih saja berdoa untuk kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di akhirat agar terhindar dari siksa api neraka, ungkapnya dengan memberikan motivasi di depan para jama’ah.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close