Berita TerkiniPemerintahanRagam

Buka Pembinaan PAI, Kakan Kemenag Wajo: Penyuluh Harus Miliki Moderasi Beragama

WajoTerkini.Com, Sengkang – Kantor Kementerian Agama  Kabupaten Wajo  melalui Seksi Bimas (Bimbingan Masyarakt) Islam melaksanakan pembinaan kepada Penyuluh Agama Islam (PAI) PNS dan Non PNS Konten Pemberdayaan Ekonomi Umat Tahun 2020  bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kab. Wajo, Jum’at 13 Maret 2020.

H. Muhammad Subhan selaku Kasi Bimas Islam, menjelaskan dalam laporannya bahwa kegiatan ini diikuti sebanyak 120 peserta terdiri dari berbagai ormas, organiasi kegamaan yang diwakili juga oleh teman teman penyuluh agama islam dari PNS dan Penyuluh Non PNS sebanyak 112 orang yang pada hari ini akan menerima SK.

“Kami berharap kedepan semoga terjalin kebersamaan untuk ummat yang lebih maju dan sejahtera khususnya di Kabupaten Wajo ini,” ujarnya.

Yang mana acara Pembinaan ini  dibuka Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wajo, H. Anwar Amin, didampingi Kepala Seksi Bimas Islam H. Muhammad Subhan.

Kakankemenag Kabupaten Wajo H. Anwar dalam sambutannya, mengatakan bahwa ada tiga dasar fungsi penyuluh Agama Islam yang harus diingat.

Pertama adalah penyuluh agama islam termasuk pembimbing ummat beragama, jadi penyuluh agama adalah menyampaikan pesan-pesan agama dan pesan-pesan negara kepada masyarakat

Kedua penyuluh agama islam membimbing masyarakat secara moral, penyuluh agama harus mengajarkan kepada masyarakat bagaimana menjalankan agama dengan baik.

Dan yang ketiga adalah penyuluh agama berperan sebagai pusat untuk mengadakan perubahan kearah yang lebih baik, di segala bidang kearah kemajuan,  perubahan dari yang negative ke positif. Karena ia menjadi corong memberi keteladanan kepada masyarakat serta memberikan informasi secara informatif.

“Bahkan sebagai penyuluh harus memilik kemampuan moderasi beragama dan kemampuan dalam menguasai teknologi,” tegasnya.

Hadir sebagai pemateri Drs. H. Reppe, M.Pd. Kabid Penaiszawa Kanwil Kemenag Provinsi Sulsel dengan judul materi Penyuluh Sebagai Profesi dan Perannya dalam Masyarakat, H. Misbahuddin, MA Kasi Penyuluh Agama Islam dan Peningkatan Ekonomi Keummatan judul materi Penyuluh Agama Islam dan Peningkatan Ekonomi Keummatan dan H. Anwar, S.Ag, M.Pd Kakan Kemenag Wajo dengan judul materi Kebijakan Pemerintah dibidang Urusan Agama Islam. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close