Berita UtamaButon TengahTMMD

Brigjen TNI Furdiyantoso Pantau TMMD di Kabupaten Buton Tengah

Wajoterkini.com, BUTON TENGAH – Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) Markas Besar Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Mabes TNI AD), Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Furdiyantoso bersama Pabandya Wanmil Kodam XIV/HSN Mayor Inf Dodo dan Kapten Inf Yusuf, mengadakan kunjungan kerja (Kunker) di Kecamatan Gu, Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (9/8/2022).

Kedatangan Tim Wasev Mabes TNI AD tersebut, untuk memantau langsung kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 di Kabupaten Buteng.

Kunker Tim Wasev Mabes TNI AD didampingi oleh Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1413/Buton, Letnan Kolonel (Letkol) Arm Muhammad Faozan bersama jajarannya, Pj Bupati Buteng Muhammad Yusuf yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kostantinus Bukide beserta sejumlah Kepala OPD dan Camat Gu Muliadin.

Dandim 1413/Buton selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke-114, Letkol Arm Muhammad Faozan menyampaikan bahwa kedatangan tim Wasev adalah untuk melihat secara langsung pelaksanaan kegiatan TMMD di lapangan.

“Kehadiran Tim Wasev juga untuk memberikan masukan, sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan dan peningkatan kinerja, dalam pelaksanaan TMMD yang sedang dilaksanakan maupun yang akan datang,” ujarnya.

Dandim 1413/Buton Letkol Arm Muhammad Faozan saat memaparkan program fisik dan non fisik TMMD di Buton Tengah.

Pria dengan dua melati di pundak ini juga memaparkan, sasaran kegiatan fisik TMMD yaitu, peningkatan jalan di Desa Matawine di area perkantoran sepanjang 500 meter dan lebar 20 meter, pembuatan deker di tiga desa, pembangunan satu unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Desa Lowu-Lowu, pembangunan MCK di beberapa titik di Desa Walando.

“Selanjutnya kami sampaikan, sasaran nonfisiknya diantaranya, etika penggunaan medsos, stunting, posyandu, terkait kesehatan, pertanian, narkoba, dan lain-lain,” paparnya.

Mewakili Pj Bupati Muhammad Yusuf, Sekda Buteng Kostantinus Bukide menuturkan bahwa pemda sangat berterima kasih kepada TNI yang telah melaksanakan kegiatan TMMD di Kabupaten Buton Tengah. Selain itu, Pemda Buteng juga mengapresiasi semangat kerja para anggota TNI yang terlibat dalam kegiatan TMMD.

“Pembangunan deker itu anggarannya lumayan besar, tapi karena ada program TMMD sehingga Pemda juga merasa terbantu, apalagi pembuatan deker itu juga bisa mengatasi hal-hal yang selama ini dikeluhkan oleh masyarakat. Kegiatan TMMD ini juga tidak bisa diukur dengan uang, karena sangat bermanfaat bagi masyarakat,” tuturnya.

Brigjen TNI Furdiyantoso saat memberikan penyuluhan narkoba kepada masyarakat Kecamatan Gu, Buton Tengah.

Tim Wasev Mabes TNI AD, dalam kunkernya kali ini juga berkesempatan bertatap muka dan berbincang dengan masyarakat di Gedung Serba Guna Lombe, serta memberikan sembako secara simbolis kepada warga yang membutuhkan.

“Melalui TMMD, TNI akan membantu pemerintah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara, membantu percepatan pembangunan di pedesaan, dalam rangka mewujudkan ketahanan nasional yang mantap di segala bidang kehidupan masyarakat,” ujar Brigjen TNI Furdiyantoso.

Perwira berpangkat satu bintang ini juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya, atas dukungan dan kerja sama dari Pemerintah Kabupaten Buton Tengah maupun Pemerintah Kecamatan Gu, terhadap program TMMD untuk mempercepat akselarasi kesejahteraan masyarakat.

“Maksud kedatangan saya dan tim dalam rangka melaksanakan perintah yang diberikan oleh Kasad kepada kita, dari Bapak Jenderal TNI Andika Perkasa selaku penanggung jawab TMMD, guna melihat secara langsung bagaimana pelaksanaan TMMD di lapangan, serta untuk mendapatkan saran dan masukan sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan dan peningkatan pelaksanaan TMMD yang akan datang,” ucapnya.

Brigjen Furdiyantoso menjelaskan, TMMD merupakan Operasi Bhakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu pada lintas sektoral bersama Kementerian, Lembaga Pemerintahan non Kementerian , Pemerintah daerah dan masyarakat, sebagai upaya untuk mendukung program Pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan di daerah.

Brigjen TNI Furdiyantoso yang didampingi oleh Dandim 1413/Buton saat menyerahkan bantuan kepada masyarakat.

Selain itu, program TMMD dilaksanakan atas perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat, dilaksanakan secara integral karena melibatkan semua unsur terkait, yang dimulai dari tingkat desa, kelurahan sampai tingkat kabupaten/kota.

“Dalam pelaksanaan TMMD kali ini, marilah kita bersama-sama bergotong-royong untuk saling membantu menyukseskan program TMMD ke-114, agar hasil pelaksanaan TMMD dapat dimanfaatkan dan dinikmati oleh masyarakat dalam jangka panjang, dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta kemanunggalan TNI bersama masyarakat,” pungkasnya.

Bersama rombongan dari jajaran Kodim 1413/Buton dan Pemda Buteng, Perwira Staf Ahli Tingkat II Kasad Bidang Hukum, HAM dan Narkoba ini kemudian meninjau langsung lokasi sasaran TMMD di Desa Lowu-Lowu, serta dilanjutkan ke lokasi peningkatan jalan menuju titik nol pembangunan perkantoran, di Desa Matawine, Kecamatan Lakudo. (Anto Buteng)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close