Ragam

Bersama Aparat Keamanan, PPK Wolio Siap Menjaga Situasi Tetap Kondusif di Tahun Politik

Wajoterkini.com, Baubau – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Wolio, Kota Baubau menjalin kemitraan bersama aparat keamanan untuk tetap menjaga situasi yang aman dan kondusif menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 mendatang.

Kepada awak media, salah satu Komisioner PPK Wolio Dirmansyah mengaku siap bekerja dengan profesional, jujur dan adil, untuk meminimalisir pihak-pihak yang merasa dicurangi dan dirugikan.

“Dengan bantuan kemitraan bersama aparat keamanan TNI/POLRI, ditambah dengan kerja yang profesional, jujur dan adil maka kami yakin pemilu tahun 2024 ke depan akan berjalan dengan aman, lancar, dan damai,” ujarnya, Rabu (18/01/2023).

Dijelaskan pula, berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilu, PPK mempunyai tugas diantaranya: melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan pemilu di tingkat kecamatan yang telah ditetapkan oleh KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota, menerima dan menyampaikan daftar pemilih kepada KPU Kabupaten/Kota, melakukan dan mengumumkan rekapitulasi hasil perhitungan suara pemilu anggota DPR, DPD, Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPRD Provinsi, serta anggota DPRD Kabupaten/Kota di kecamatan yang bersangkutan berdasarkan berita acara hasil perhitungan suara di TPS dan dihadiri oleh saksi peserta pemilu, dan seterusnya.

PPK juga memiliki wewenang untuk mengumpulkan hasil perhitungan suara dari seluruh TPS di wilayah kerjanya, melaksanakan wewenang lain yang diberikan oleh KPU, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dan melaksanakan wewenang lain sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Selain itu, PPK juga berkewajiban untuk membantu KPU, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota dalam melakukan pemutakhiran data pemilih, daftar pemilih sementara, dan daftar pemilih tetap, membantu KPU Kabupaten/Kota dalam menyelenggarakan pemilu, menindaklanjuti dengan segera temuan dan laporan yang disampaikan oleh Panwaslu Kecamatan, dan seterusnya,” tambahnya.

Atas nama unsur pimpinan PPK Wolio, Dirmansyah juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada aparat TNI/POLRI yang selalu menjalankan tugas pengabdian yang mulia untuk menjaga kedaulatan negara, serta kemananan dan ketertiban masyarakat di tahun politik.

“Kami PPK Wolio sangat berterima kasih kepada aparat TNI/POLRI, karena tanpa dukungan dari mereka, maka situasi dan kondisi menjelang pemilu serentak 2024 tidak bisa dijamin keamanannya,” pungkasnya. (Red)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button