Berita UtamaBerita WargaButon Tengah

Antisipasi Gangguan Keamanan, Sat Intelkam Polres Baubau Sambangi Ketua Panitia Kande Kandea

WajoTerkini.com, BUTON TENGAH – Anggota Satuan Intelijen dan Keamanan (Sat Intelkam) Polres Baubau, Bripka Amri Amirullah dan Briptu Kadir menyambangi Ketua Panitia Kande Kandea Kelurahan Tolandona, Kecamatan Sangia Wambulu, Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara (Sultra), La Ode Muhammad Sururi, SE pada Minggu, (8/5/2022).

Koordinasi yang dilakukan oleh Sat Intelkam Polres Baubau bersama Ketua Panitia Kande Kandea tersebut bertujuan untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), selama berlangsungnya acara Kande Kandea di Kelurahan Tolandona, yang direncanakan pada Sabtu 14 Mei 2022 mendatang.

Ketua Panitia Kande Kandea La Ode Muhammad Sururi, SE mengatakan bahwa dalam tradisi masyarakat Tolandona, Kecamatan Sangia Wambulu, Kabupaten Buton Tengah, setiap tahunnya melaksanakan perayaan halalbihalal berupa pesta adat Kande Kandea setelah hari raya Idul Fitri.

“Kita melakukan koordinasi dengan pihak keamanan yaitu Polres Baubau, untuk dilakukan pengamanan agar tidak terjadi gangguan kamtibmas, sehingga seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan baik dan tercipta situasi kamtibmas yang kondusif, serta mematuhi protokol kesehatan Covid-19 yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” ujarnya.

Selain pesta adat di Kelurahan Tolandona, maka masyarakat Desa Tolandona Matanaeo, Kecamatan Sangia Wambulu, mengadakan pula halalbihalal dalam bentuk doa bersama di Masjid Nurul Samad pada Kamis siang (12/5/2022), kemudian dilanjutkan dengan acara joget pada malam harinya.

“Di Kelurahan Tolandona juga akan dilaksanakan acara kande-kandea pada hari Sabtu tanggal 14 Mei 2022, sekitar pukul 15.00 WITA, juga ada kegiatan doa bersama di Masjid Baiturrahman Kelurahan Tolandona. Selanjutanya pada malam hari disepakati akan dilaksanakan acara joget,” ungkapnya.

Anggota Sat Intelkam Polres Baubau, Bripka Amri Amirullah, menyampaikan agar Ketua Panitia Kandea Kandea dapat mengimbau masyarakat untuk dapat bekerja sama dengan aparat keamanan (Polres Baubau) dalam menciptakan suasana yang kondusif.

“Kita harapkan masyarakat bisa menahan diri, tidak melakukan hal-hal yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, Briptu Kadir juga mengatakan bahwa untuk menghindari penyebaran virus corona, masyarakat wajib mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Kita juga sampaikan kepada Ketua Panitia Kandea Kandea untuk menghimbau masyarakat agar memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun, serta menerapkan himbauan pemerintah tentang prokes Covid-19, ini demi kebaikan kita semua,” tukasnya.

Acara halalbihalal atau pesta adat Kande Kandea di wilayah Kecamatan Sangia Wambulu, Buton Tengah tahun 2022 rencananya akan dihadiri oleh unsur forkopimda, yaitu Bupati Buton Tengah, anggota DPRD Kabupaten Buton Tengah, Kapolres Baubau, Dandim 1413 Buton, Sekda Buton Tengah, seluruh OPD lingkup Kabupaten Buton Tengah, serta unsur pejabat daerah Kota Baubau. (Anto Buteng)

 

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close